Peningkatan Kompetensi Pemahaman Puisi Siswa Kelas VII SMP N 1 Pacitan Melalui Metode Tutor Sebaya Dalam Kelompok Tahun 2008/2009

HIDROVIDA , RISTY (2012) Peningkatan Kompetensi Pemahaman Puisi Siswa Kelas VII SMP N 1 Pacitan Melalui Metode Tutor Sebaya Dalam Kelompok Tahun 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
COVER.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan-tindakan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII dalam meningkatkan kompetensi dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok; dan unuk mengetahui kemampuan pemahaman puisi siswa kelas VII selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pacitan, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Tahun Pelajaran 2008/2009. Sekolah ini merupakan salah satu SMP Negeri dari empat SMP Negeri yang berada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dipilihnya sekolah ini sebagai tempat penelitian karena di antara empat Sekolah Menengah Pertama yang ada tersebut, SMP Negeri 1 Pacitan yang berada di Kecamatan/Kabupaten Pacitan merupakan sekolah yang paling berkualitas di antara sekolah negeri yang ada di Pacitan. Dialog awal tentang usaha peningkatan kompetensi pemahaman puisi diperoleh kesepakatan bahwa pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman puisi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlu dilaksanakan, mengingat hal ini mungkin akan bermuara pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam memahami puisi, membaca puisi, dan mencari makna serta amanat puisi masih sangat rendah. Kreativitas sastra Indonesia peserta didik dalam mengasilkan kata-kata puitis dan menentukan maknanya masih rendah. Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pemahaman puisi pada keaktifan bertanya, menemukan ide, dan tukar pendapat masih rendah. Perencanaan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan pada evaluasi berdasarkan tindakan kelas, yaitu pembelajaran yang biasa saja menjadi pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik menjadi aktif dan terjadi interaksi antara peserta didik. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya dalam kelompok meningkatkan kemampuan, keativitas, dan keaktifan peserta didik secara berarti. Hal ini ditunjukan oleh hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian dan tanggapan guru kelas setelah rangkaian tindakan selesai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-21
Uncontrolled Keywords: Teman Sebaya, Pemahaman Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:57
Last Modified: 19 Jun 2012 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17697

Actions (login required)

View Item View Item