Peningkatan Kemampuan Ketrampilan Proses Melalui Lesson Study Pada Praktikum Sistematika Hewan Vertebrata (SHV) Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Isnaini, Feny (2012) Peningkatan Kemampuan Ketrampilan Proses Melalui Lesson Study Pada Praktikum Sistematika Hewan Vertebrata (SHV) Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin Mahasiswa Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKAQ.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan ketrampilan dasar yang dimiliki mahasiswa kurang dikembangkan pada saat proses kegiatan praktikum berlangsung. Selama ini perhatian mahasiswa hanya tertuju pada nilai hasil akhir praktikum tanpa memperhatikan bagaimana prosesnya. Praktikum SHV tahun ajaran 2011/2012 mendapatkan kesempatan yang baik yaitu dengan adanya Lesson Study, maka melalui Lesson study akan dikaji peningkatan ketrampilan proses mahasiswa ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan proses antara mahasiswa laki-laki dan perempuan pada praktikum SHV melalui Lesson Study pendidikan biologi UMS tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian Lesson Study dengan menggunakan analisis deskripfif untuk mengetahui peningkatan ketrampilan proses mahasiswa dan analisis Uji Sample T-test untuk mengetahui perbedaan peningkatan ketrampilan proses antara mahasiswa laki-laki dan perempuan pada praktikum Sistematika Hewan Vertebrata tahun ajaran 2011/2012. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari pelaksanaan praktikum SHV menggunakan Lesson Study pada gelombang dua mulai dari siklus I sampai siklus IV. Hasil dari analisis deskriptif peningkatan ketrampilan proses dapat diketahui bahwa skor antara siklus I dan III (kegiatan praktikum) mengalami peningkatan yaitu dari skor rata-rata 7,1 menjadi 7,2 pada siklus III, sedangkan pada siklus II dan IV (asistensi) yaitu dari skor rata-rata 7,4 pada siklus II meningkat menjadi 7,9 pada siklus IV. Hasil dari uji Sample T-test dapat diketahui bahwa pada siklus I dan III nilai probabilitas rata-rata peningkatan ketrampilan proses 0,522 > 0,05 serta pada siklus II dan IV nilai probabilitas 0,261 > 0,05, sehingga H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada perbedaan peningkatan ketrampilan proses antara mahasiswa laki-laki dan perempuan pada praktikum SHV melalui Lesson Study pendidikan biologi UMS tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-31
Uncontrolled Keywords: ketrampilan proses, Lesson Study, perbedaan jenis kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:09
Last Modified: 21 Jun 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item