Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Untuk SiswaKelas IV di SD Negeri 4 Gondang Baru Sragen

Maruto, Sedri Chaerunnisa (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Untuk SiswaKelas IV di SD Negeri 4 Gondang Baru Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis narasi yang masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan strategi Guided Note Taking pada siswa kelas IV. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 4 Gondang Baru, Sragen yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 4 Gondang Baru, Sragen. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 23% dari pra siklus dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,68% dari siklus I. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 63,7 dengan persentase ketuntasan sebesar 38,5%, siklus I nilai rata-rata kelas 70,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 61,5% dan pada siklus II rata-rata kelas 84,8 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,18%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penerapan strategi Guided Note Taking pada siswa kelas IV SDN 4 Gondang Baru, Sragen

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis narasi, strategi Guided Note Taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:35
Last Modified: 04 Apr 2012 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17681

Actions (login required)

View Item View Item