Strategi Pembelajaran matematika Pada Kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Fenomenologi di Pondok Pesantren Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo)

Setyaningrum, Reni Dwi (2012) Strategi Pembelajaran matematika Pada Kelas VII MTs Muhammadiyah Blimbing (Suatu Penelitian dengan Pendekatan Fenomenologi di Pondok Pesantren Imam Syuhodo Polokarto Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pembelajaran dan interaksi pembelajaran matematika serta makna dari strategi pembelajaran dan interaksi pembelajaran matematika di MTs Muhammadiyah Blimbing pada kelas VII pondok pesantren Imam Syuhodo, Polokarto, Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru MTs Muhammadiyah blimbing. Dalam wawancara menggunakan first order understanding. Teknik analisis data dilakukan dengan second order understanding. Hasil penelitian (1) strategi pembelajaran matematika meliputi tiga aspek yaitu perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan evaluasi. Pada aspek perencanaan pembelajaran mencakup aspek komprehensif, sistematis, kontekstual dan metodologis. Pada pengelolaannya memiliki prinsip interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan motivasi. Pada evaluasi pembelajarannya, untuk mengetahui sejauh mana siswa paham akan materi yang disampaikan, dan sejauh mana guru berhasil menyampaikan materi dengan baik, maka guru mengadakan latihan soal dan ulangan harian, (2) interaksi pembelajaran matematika, interaksi antara guru dengan siswa dapat terjalin dengan baik. Peran guru dalam pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik serta terjadi hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Interaksi antara siswa dengan siswa terlihat ketika mereka berdiskusi, (3) makna strategi pembelajaran matematika, strategi pembelajaran merupakan cara guru menyajikan materi pelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi, makna interaksi pembelajaran matematika, interaksi pembelajaran merupakan komunikasi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Strategi Pembelajaran, Interaksi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2012 07:22
Last Modified: 04 Apr 2012 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item