Pengaruh Penguasaan Mata Diklat Produktif dan Minat Praktik terhadap Keberhasilan Praktif Kerja Industri pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Setiyanto, Joko (2012) Pengaruh Penguasaan Mata Diklat Produktif dan Minat Praktik terhadap Keberhasilan Praktif Kerja Industri pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penguasaan mata diklat produktif terhadap keberhasilan praktik kerja industri; 2) pengaruh minat praktik terhadap keberhasilan praktik kerja industri; 3) pengaruh penguasaan mata diklat produktif dan minat praktik terhadap keberhasilan praktik kerja industri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 108 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 54 orang siswa (50%). Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan ga ris regresi: Y = 1,074 + 0,522.X1 + 0,547.X2. Persamaan menunjukkan bahwa keberhasilan praktik kerja industri siswa dipengaruhi oleh penguasaan mata diklat produktif dan minat praktik. Artinya kompetensi pada mata diklat produktif dan minat praktik tinggi akan meningkatkan keberhasilan siswa dalam praktik kerja industri. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penguasaan mata diklat produktif berpengaruh positif terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil uji t ada analisis regresi ganda memperoleh nilai thitung (3,089) yang diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Minat praktik berpengaruh positif terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hasil uji t pada analisis regresi ganda memperoleh nilai thitung (3,882) yang diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Penguasaan mata diklat produktif dan minat praktik berpengaruh positif terhadap keberhasilan praktik kerja industri siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung (42,702) yang diterima pada taraf signifikansi 5%; 4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa penguasaan mata diklat produktif dan minat praktik berpengaruh sebesar 62,6% terhadap keberhasilan praktik kerja industri, sedangkan faktor lain yang berpengaruh adalah motivasi belajar, sarana dan prasarana belajar, kualitas pembelajaran, lingkungan belajar, dan sebagainya mencapai 37,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-01
Uncontrolled Keywords: penguasaan mata diklat produktif, minat praktik, keberhasilan praktik kerja industri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Apr 2012 06:46
Last Modified: 18 Jun 2012 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17674

Actions (login required)

View Item View Item