Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Leraning Tope Bamboo Dancing (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012)

Romli, Fahrudin (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Leraning Tope Bamboo Dancing (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (237kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif bamboo dancing pada pokok himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan himpunan melalui strategi pembelajaran aktif bamboo dancing. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,5% dan diakhir tindakan mencapai 50%, 2) aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,6% dan diakhir tindakan mencapai 84,37%, 3) aktivitas siswa dalam mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 40,6% dan diakhir tindakan mencapai 75%, 4) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tidakan sebesar 15,6% dan diakhir tindakan mencapai 50%. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif bamboo dancing dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas-belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2012 06:43
Last Modified: 04 Apr 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item View Item