PENGARUH DESAIN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MERK NOKIA : STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN JATINGARANG, WERU, SUKOHARJO

WAHYUDI, BAMBANG (2007) PENGARUH DESAIN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MERK NOKIA : STUDI PADA MASYARAKAT KELURAHAN JATINGARANG, WERU, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)

Abstract

Dunia bisnis saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan masuknya era Globalisasi, era yang menjanjikan keterbukaan dan kebebasan dalam melakukan usaha terutama dalam bidang bisnis. Maka perubahanperubahan teknologipun terus berlanjut. Teknologi yang cukup berkembang saat ini adalah media komunikasi. Dengan adanya media komunikasi maka akan mudah untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan dengan cepat. Salah satu alat komunikasi yang mudah digunakan dan cukup efisien saat ini adalah handphone. Karena kebutuhan masyarakat dalam menggunakan handphone terus bertambah, maka perusahaan akan semakin banyak menawarkan produkproduk handphone dengan berbagai merk dan atribut produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh atribut produk yang berupa desain, fasilitas dan harga terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia pada masyarakat di kelurahan Jatingarang, Weru, Sukoharjo. Populasi Dalam penelitian ini adalah seluruh warga di kelurahan Jatingarang, Weru, Sukoharjo, sedangkan sampel yang dipilih adalah 92 responden dari seluruh populasi. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada metode convenience random sampling. alat analisis yang digunakan adalah Regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh desain, fasilitas dan harga terhadap keputusan pembelian, disertai Uji F yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen, Uji t yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen, dan Uji koeifsien determinasi yang digunakan untuk mengukur prosentase total variasi dalam variabel dependen yang dijelaskan oleh variabel independen dalam model. Hasil analisa regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -2,438 + 0,111 X1+ 0,345 X2 + 0,613 X3 yang berarti desain, fasilitas, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia. Hasil uji F dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa F hitung > F tabel (36,248 > 3,07) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa secara bersama-sama desain, fasilitas dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia. Hasi uji t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai t hitung X1 < t tabel (1,299 < 1,987) maka konsekuensinya adalah Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya variabel Desain secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merk Nokia. Sedang karena nilai t hitung untuk X2 dan X3 > t tabel (4,773 dan 5,216 > 1,987) maka konsekuensinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel Fasilitas dan Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Nokia pada masyarakat kelurahan Jatingarang, Weru, Sukoharjo. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa diperoleh nilai R square sebesar 0,553 atau sebesar 55,3 %. Artinya bahwa 55,3 % variasi variabel keputusan konsumen dalam membeli Handphone Nokia dapat dijelaskan oleh variabel desain, fasilitas, dan harga sedangkan 44,7 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, keputusan pembelian.
Subjects: X General Subject
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 28 May 2009 07:21
Last Modified: 17 Nov 2010 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item