Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Pokok Bahasan Permintaan Penawaran Dan Harga Pasar Pada Siswa Kelas X 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012

Sudibyo, Tegas (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Pokok Bahasan Permintaan Penawaran Dan Harga Pasar Pada Siswa Kelas X 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS dapat meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. 2). Untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS dapat meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012 Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 Siklus .Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni : (1) Perencanaan Tindakan,(2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Interpretasi (4) analisis dan Refleksi tindakan . Subyek Penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual berwawasan SETS pada siswa kelas X.2 SMA Negeri Karangpandan Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dimana guru sebagai peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi untuk melakukan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Dapat Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Pada siklus 1 mengalami peningkatan dalam kemampuan bertanya, kemampuan berpendapat, kemampuan bekerja sama, kemampuan mengerjakan soal (skor kurang dan cukup meningkat menjadi baik dan baik sekali). 2). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berwawasan SETS Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X. 2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012, dimana Jumlah siswa yang belum tuntas sebelum tindakan sebanyak 22 siswa dan setelah tindakan menjadi 34 siswa ( 94,5%) dan yang tetap belum tuntas 2 siswa ( 5,5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kontekstual dan SETS, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Apr 2012 04:17
Last Modified: 04 Apr 2012 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17669

Actions (login required)

View Item View Item