Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau dari Kenakalan Remaja dan Bimbingan konseling pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Widiyastuti, Erna (2012) Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau dari Kenakalan Remaja dan Bimbingan konseling pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK N 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono; 2) Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono; 3) Mengetahui pengaruh kenakalan remaja dan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMK N 1 Banyudono yaitu 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 70 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 47,841 + 0,980X1 + 0,169X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar dipengaruhi oleh kenakalan remaja dan bimbingan konseling. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kenakalan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,979 > 1,996 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 20,332%; 2) Ada pengaruh bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,485 > 1,996 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015, dengan sumbangan efektif sebesar 9,568%; 3) Ada pengaruh kenakalan remaja dan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMK N 1 Banyodono. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,312 > 3,134 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,299. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,299 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara kenakalan remaja dan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar adalah sebesar 29,9% sedangkan 70,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditel

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja, Bimbingan Konseling, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Apr 2012 09:01
Last Modified: 03 Apr 2012 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17667

Actions (login required)

View Item View Item