Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Weru Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Yuliana, Rosi (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Weru Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning serta untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaaran matematika melalui metode pembelajaran berbasis Joyful Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru yang berjumlah 36 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan selama proses pembelajaran dan dikembangkan selama proses refleksi sampai proses penyusunan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator keaktifan, yaitu: (1) keaktifan siswa menanyakan materi yang belum jelas kepada guru meningkat dari 8, 33 % menjadi 52, 9 %, (2) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 11, 11 % menjadi 70, 6 %, dan (3) keaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan ke depan kelas meningkat dari 16, 67 % menjadi 55, 9 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis Joyful Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Weru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Joyful Learning, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2012 07:56
Last Modified: 03 Apr 2012 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17664

Actions (login required)

View Item View Item