Efektifitas Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Melalui Strategi Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (PTK di Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012)

Astuti, Endah Nova (2012) Efektifitas Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Melalui Strategi Open-Ended untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (PTK di Kelas VII B Semester Genap SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER,_dst.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui strategi open-ended dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah menggunakan strategi open-ended. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari indikator : (a) pemahaman, (b) keaktifan siswa, (c) kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII B SMP Negeri 1 Colomadu, Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Siswa berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, observasi, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yaitu meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi dan (5) evaluasi. Hasil penelitian meliputi hal-hal sebagai berikut : (1) Peningkatan pemahaman meningkat dari 18,52 % menjadi 81,48%. (2) Peningkatan keaktifan meliputi : (a) menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari18,52% menjadi 33,33%, (b) mengerjakan soal di depan kelas meningkat dari 7,41% menjadi 18,52%, (c) berdiskusi dengan teman saat menyelesaikan soal meningkat dari 11,11% menjadi 44,44% dan (d) menanyakan materi yang belum jelas meningkat dari 3,7% menjadi 25,93%. (3) Peningkatan kreativitas meliputi : (a) mengemukakan contoh lain dengan benar meningkat dari 7,41% menjadi 22,22%, (b) menyelesaikan soal dengan jawaban yang berbeda meningkat dari 18,52% menjadi 48,15% dan (c) menemukan banyak kemungkinan jawaban meningkat dari 7,41% menjadi 37,04%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah melalui strategi open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran pemecahan masalah, strategi open-ended, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2012 07:44
Last Modified: 03 Apr 2012 07:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17663

Actions (login required)

View Item View Item