Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Collaborative Learning Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta

Utami, Endrayani (2012) Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Collaborative Learning Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada siswa Kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_awal_skripsi.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiranku_(Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Collaborative Learning Group efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan tujuh tahapan, yaitu: (1) dialog awal, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan, (4) observasi, (5) refleksi, (6) evaluasi, (7) penyimpulan hasil. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 30 siswa dengan komposisi semua siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik evaluasi berupa latihan terkontrol. Hasil penelitian ini yaitu strategi pembelajaran collaborative learning group efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X AK SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan di awal apresepsi siswa pada putaran I adalah 46,67% dan pada putaran II meningkat mencapai 56,67%; (2) Antusias siswa dalam proses pembelajaran pada pada putaran I adalah 33,33% dan pada putaran II mencapai 53,33%; (3) Tanggung jawab terhadap hasil pekerjaan secara individu/kelompok pada putaran I adalah 46,67% dan pada putaran II mencapai 66,67%; (4) Menanggapi secara positif dorongan dari guru/siswa yang lain pada putaran I mencapai 53,33% dan pada putaran II mencapai 63,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Collaborative Learning Group dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: collaborative learning group, motivasi belajar, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2012 07:32
Last Modified: 03 Apr 2012 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17662

Actions (login required)

View Item View Item