Penerapan Strategi Pembelajaran Readin Guide Dengan Media Student Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi (PTK pada Siswa Kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2011/2012)

Darmawati, Marlia Jannah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Readin Guide Dengan Media Student Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi (PTK pada Siswa Kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran reading guide dengan media student worksheet pada materi organisasi kehidupan. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen yang berjumlah 45 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru biologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi organisasi kehidupan melalui strategi pembelajaran reading guide. Hal ini dapat dilihat dari hasil test tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 53% dan diakhir tindakan meningkat menjadi 89%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran reading guide dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-24
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi pembelajaran reading guide.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2012 06:03
Last Modified: 21 Jun 2012 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item View Item