UPAYA MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAAN KONTEKSTUAL (PTK P embelajaran Matematika Kelas VIII SMP N I Plaosan Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV))

HARMOKO, DODI (2008) UPAYA MEMINIMALISASI FOBIA MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAAN KONTEKSTUAL (PTK P embelajaran Matematika Kelas VIII SMP N I Plaosan Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030130.pdf

Download (137kB)
[img] PDF
A410030130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini bertujuan untuk meminimakan fobia matematika siswa 25 % dan meningkatkan hasil belajar siswa dampai daya serap 75 % melalui metode pendekatan kontestual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini kelas VIIIF semester ganjil tahun ajaran 2006/20007 SMP N 1 Plaosan yang berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan observasi, catatan lapangan,dan rewiew. Keabsahan data diperiksa secar a analisis diskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil data pertama adanya penurunan fobia metematika siswa yang meliputi penur unan ketakutan bertanya, mendapatkan tugas, mengerjakan soal kedepan kelas dan penurunan ketakutan mengeluarkan ide sampai 25 % serta peningkatan hasil belajar siswa sampai 75 % melalui pendekatan kontekstual. Ketakutan bertanya menurun yaitu sebelum penelitian 57, 5% , pada putaran I 47,5, putaran II 35 %, dan putaran III 22,5%. Ketakutan mendapat tugas yaitu sebelum penelitian 37, 5% , pada putaran I 32,5, putaran II 25 %, dan putaran III 20%. Ketakutan maju kedepan kelas yaitu sebelum penelitian 42, 5% , pada putaran I 37,5, putaran II 27,5%, dan putaran III 22,5%. Ketakutan mengeluarkan ide yaitu sebelum penelitian 47, 5% , pada putaran I 42,5, putaran II 35 %, dan putaran III 25%. Keaktifan siswa meningkat yaitu sebelum penelitian 32, 5% , pada putaran I 40 %, putaran II 65 %, dan putaran III 77,5%. Kreatifitas siswa meningkat y aitu sebelum penelitian 27, 5% , pada putaran I 37,5%, putaran II 62,5 %, dan putaran III 75%. Hasil yang kedua adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa sampai daya serap kelas 75 % melalui metode pendekatan kontekstual yaitu sebelum penelitian tindakan, siswa memperoleh nilai =75 sebanyak 30 %, pada putaran I 35 %, putaran II 57,5 %, dan putaran III 77,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fobia , Hasil, Belajar, Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 07:16
Last Modified: 17 Nov 2010 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item