Muatan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter(Analisis Isi pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Karangan Saptono yang Digunakan di SMP Negeri 3 Kartasuara, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011)

Wijayanto, Bastian (2012) Muatan dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter(Analisis Isi pada Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Karangan Saptono yang Digunakan di SMP Negeri 3 Kartasuara, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran )
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan muatan pendidikan karakter dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII karangan Saptono yang digunakan di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. 2) Untuk menggambarkan pelaksanaan penanaman pendi-dikan karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data keadaan benda bergerak dan tidak bergerak yaitu buku PKn Kelas VII karangan Saptono, berupa orang yaitu kepala sekolah, guru PKn, guru agama, guru bimbingan konseling dan siswa. Teknik pengumpulan data menggu-nakan metode mengkaji dokumen/ simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triang-gulasi yaitu, pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari kepala sekolah, guru PKn, guru agama, guru bimbingan konseling, siswa dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dengan analisis isi. Analisis interaktif dengan analisis isi digunakan untuk memban-dingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Muatan pendidikan karakter yang terkandung dalam buku ajar PKn Kelas VII karangan Saptono yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn, nilai-nilai karakter yang termuat dalam buku ajar PKn Kelas VII karangan Saptono meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi dan tanggungjawab ; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Kartasura, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran PKn oleh guru PKn, selan itu pelaksanaan pendidikan karakter juga dilakukan diluar kelas dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-10
Uncontrolled Keywords: Muatan Buku PKn, Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pendidikan PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Apr 2012 05:13
Last Modified: 18 Jun 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item