Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012)

NURCAHYO, ADI (2012) Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERINTEGRASI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012) Adi Nurcahyo, A.410 080 366, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 86 halaman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi, metode catatan lapangan, metode wawancara dan metode dokumentasi. Tekni analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui dalam analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Siswa senang terhadap guru matematika mengalami peningkatan dari 18,75 % menjadi 70,97 %. 2) Siswa antusias dalam belajar matematika mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 74,19 % . 3) Siswa memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 80,65 %. 4) Siswa menanyakan materi mengenai materi yang belum jelas mengalami peningkatan dari 15,62 % menjadi 61,29 %. 5) Siswa mengerjakan tugas tepat waktu mengalami peningkatan dari 25 % menjadi 87,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar Matematika, Model Pembelajaran ARIAS, Pembelajaran Kooperatif STAD.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Mar 2012 10:51
Last Modified: 30 Mar 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17631

Actions (login required)

View Item View Item