Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Strategi Guided Note Taking Bagi Siswa Kelas Vii Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

HARIANI, EKA (2012) Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Strategi Guided Note Taking Bagi Siswa Kelas Vii Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ARITMATIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Eka Hariani, A410080275, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 74 Halaman. Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar matematika aritmatika sosial melalui strategi Guided Note Taking, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika aritmatika sosial melalui strategi Guided Note Taking. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode obsrvasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan kemandirian belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemandirian belajar matematika meliputi: a) menyelesaiakn tugasnya sendiri sebelum tindakan 38,46%, putaran I 56,41%, dan di akhir tindakan 82,05%, b) mengatasi masalah belajarnya sendiri sebelum tindakan 25,64%, putaran I 33,33%, dan di akhir tindakan 66,66%, c) percaya pada diri sendiri sebelum tindakan 23,07%, putaran I 30,76%, dan di akhir tindakan 53,84%, d) mengatur dirinya sendiri sebelum tindakan 28,20%, putaran I 43,58%, dan di akhir tindakan 74,35%, (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 65 sebelum tindakan 38,46%, putaran I 66,66%, dan di akhir tindakan 82,05%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Guided Note Taking dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, hasil belajar, Guided Note Taking
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Mar 2012 10:28
Last Modified: 30 Mar 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item