Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Strategi Pembelajaran Bermain Peran Jual Beli Barang - Barang Imitasi Bagi Siswa Kelas Vii D Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2011/2012

ROHMATULLAILI, ANNISA (2012) Peningkatan Keberanian Dan Hasil Belajar Matematika Aritmatika Sosial Melalui Strategi Pembelajaran Bermain Peran Jual Beli Barang - Barang Imitasi Bagi Siswa Kelas Vii D Semester Gasal Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Daf pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Lampirran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini : (1) mendeskripsikan peningkatan keberanian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran bermain peran jual beli barang-barang imitasi, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran bermain peran jual beli barang-barang imitasi. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini : (1) ada peningkatan keberanian belajar yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keberanian belajar meliputi : a) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 2,86% dan di akhir tindakan 40%, b) antusias mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 8,57% dan di akhir tindakan 68,57%, b) mengemukakan ide sebelum tindakan 0% dan di akhir tindakan 25,71%, d) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 5,71% dan di akhir tindakan 54,29%, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan 37,18% dan di akhir tindakan 82,86%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran bermain peran jual beli barang-barang imitasi dapat meningkatkan keberanian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-26
Uncontrolled Keywords: keberanian, hasil belajar, bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 30 Mar 2012 10:12
Last Modified: 21 Jun 2012 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17622

Actions (login required)

View Item View Item