Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Melalui Pembelajaran Make a Match Pada Materi sistem Koordinasi dan Indera manusia Pada siswa KELAS IX F SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2011/2012

WAHYUNINGSIH, SRI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Melalui Pembelajaran Make a Match Pada Materi sistem Koordinasi dan Indera manusia Pada siswa KELAS IX F SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Make a Match. Strategi Make a Match adalah strategi yang cukup menyenangkan, aktif, kreatif sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa dan menjadikan belajar tidak terlupakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi Make a Macth yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas IX F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2011/2012. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 67,46 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 73,94 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 78,89 sedangkan untuk keaktifan siswa pada siklus I dengan rata-rata 11,51 dengan kriteria cukup berminat dan meningkat pada siklus II menjadi 16,89 dengan kriteria berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Make a Match dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2011/2012 pada materi sistem sistem koordinasi dan indera manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-02
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, dan strategi make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 11:26
Last Modified: 21 Jun 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item View Item