JANAH, MIFTAQUL (2012) Analisis Kesalahan Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMP Negeri 1 Boyolali dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (302kB) |
|
PDF (BabI)
BAB_I.pdf Download (182kB) |
||
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dan mengetahui seberapa besar persentase letak kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri pada bangun datar persegi dan segitiga. Kesalahan siswa yang dilakukan meliputi kesalahan dalam menerapkan konsep, kesalahan dalam komunikasi geometris dan kesalahan perhitungan pada pembelajaran matematika kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Boyolali tahun 2011/2012. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boyolali. Data yang dikumpulkan melalui Metode Tes, Metode Wawancara, Metode Observasi dan Metode Dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan dalam menerima konsep sebesar 21% tergolong rendah, kesalahan dalam komunikasi geometris sebesar 51% tergolong sedang dan kesalahan dalam menyelesaikan hitungan sebesar 27% tergolong rendah. Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara,dan observasi terihat bahwa kesalahan dalam komunikasi geometris merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yang disebabkan karena siswa cenderung malas dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan serta kurang terbiasa mengerjakan soal cerita dengan langkah terperinci dan urut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | belajar, matematika, analisis, kesalahan, geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 29 Mar 2012 10:20 |
Last Modified: | 29 Mar 2012 11:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17597 |
Actions (login required)
View Item |