Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Ekperimentasi Pada Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012)

YULIANSYAH , RIFAD NURMA (2012) Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Ekperimentasi Pada Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (499kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Pengaruh pendekatan Open-ended terhadap hasil belajar IPA siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, 2) Pengaruh tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, 3) Interaksi antara pendekatan Open–ended dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang dilakukan dengan sengaja mengusahakan timbulnya variabel- variabel. Penelitian ini dilakukan dengan membagi subjek menjadi dua kelompok (kelas) yang dibedakan menjadi 2 katagori, yaitu katagori kelas eksperimen dan kelas kelompok. Pada kelas eksperimen dikenai perlakuan pendekatan Open –ended, sedangkan pada kelas kontrol akan dikenai perlakuan pembelajaran pendekatan konvensional. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji keseimbangan pada kedua kelas, selain itu juga pada instrument soal dan angket dilakukan validitas dan reabilitas. Hipotesis yang diperoleh dianalisis menggunakan uji anava dua jalur sel tak sama signifikansi 5%. Namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang singnifikansi penggunaan pendekatan siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa berdasarkan F A = 107,25 Nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang menggunakan pendekatan Open-ended sebesar 77 , sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan pendekatan konvensional sebesar 69. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan Open-ended lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. 2) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA dilihat dari motivasi belajar siswa dengan F B 66,03. 3) Tidak adanya interaksi yang signifikansi antara penggunaan strategi pembelajaran pendekatan Open-ended ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Hal ini didukung dari penelitian diperoleh FAB = -46, 78

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-ended, motivasi belajar dan hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:26
Last Modified: 29 Mar 2012 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17596

Actions (login required)

View Item View Item