Upaya Meningkatkan Minat Dalam Pembelajaran Matematika melalui Straegi Pembelajaran Quetion Student Have Pada Pokok Bahasa Lingkaran. (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta)

ANDRIANI, FITRIA (2012) Upaya Meningkatkan Minat Dalam Pembelajaran Matematika melalui Straegi Pembelajaran Quetion Student Have Pada Pokok Bahasa Lingkaran. (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Al Islam 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan minat dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran Question Student Have pada pokok bahasan lingkaran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Al Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran, hal ini dapat dilihat dari: 1) Kesiapan siswa dalam mempersiapkan sumber buku pelajaran matematika sebelum penelitian 20,51% setelah penelitian 69,23%, 2) Minat siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan sebelum penelitian 12,82% sesudah penelitian 53,85%, 3) Kemauan siswa untuk fokus pada proses pembelajaran dan tidak melamun sebelum penelitian 38,46%, sesudah penelitian 79,49%, 4) Siswa yang mampu menyimpulkan hasil dari pembelajaran sebelum penelitian 10,26% sesudah penelitian 51,28%, 5) Minat siswa untuk mengerjakan PR dengan baik sebelum penelitian 38,46% sesudah penelitian 58,97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have evektif dalam rangka meningkatkan minat dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 10:11
Last Modified: 29 Mar 2012 11:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item