Budaya Belajar Metematika Siswa Homeschoolng (Studi Etnografi pada Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo)

ANGGRAENI, NINA DWI (2012) Budaya Belajar Metematika Siswa Homeschoolng (Studi Etnografi pada Homeschooling Kak Seto (HSKS) Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan budaya belajar siswa homeschooling pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas dan budaya belajar siswa homeschooling pada saat di luar kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, tutor dan siswa homeschooling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan ternik triangulasi. Hasil Penelitian (1) Budaya belajar siswa homeschooling pada saat di dalam kelas antara lain: siswa belajar dengan cara memperhatikan, mencatat dan mengerjakan latihan soal. Jadwal pelajaran matematika seminggu sekali dengan waktu 75 menit. Setting tempat duduk berbeda-beda tergantung dari kelasnya. Aspek pembelajaran yang harus dipenuhi siswa yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tutor selalu memotivasi siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Sumber belajar yang digunakan adalah modul homeschooling. Tutor menggunakan metode kontekstual, ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan yaitu papan white board, sepidol, penghapus dan alat peraga. Komunikasi antara siswa dengan tutor berlaku sebagai interaksi. Interaksi antara siswa dengan teman satu kelas maupun dengan tutor terjalin dengan baik. Motivator siswa masuk homeschooling dari siswa dan orang tua (2) Budaya belajar siswa homeschooling di luar kelas antara lain: Siswa belajar dengan mengamati, mencatat dan bertanya jika kesulitan. Sumber belajar yang digunakan adalah lingkungan homeschooling, modul, dan buku terbitan lain. Saat istirahat siswa memilih untuk pergi ke kantin, bermain di aula, dan tetap di kelas. Intensitas dalam belajar di rumah dilakukan ketika akan ada pelajaran matematika dengan waktu 1-2 jam. Sebagian besar siswa homeschooling mengikuti les privat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-01
Uncontrolled Keywords: Budaya belajar, Homeshooling
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 29 Mar 2012 09:57
Last Modified: 21 Jun 2012 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17590

Actions (login required)

View Item View Item