Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Ningsih, Ambar Wahyu (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V SD N I Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak dalam pembelajaran IPS melalui model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 1 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data hasil belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 62,5, siswa yang mencapai KKM 6 (30%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 68,475 siswa yang mencapai KKM 14 (70%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 76,7, siswa yang mencapai KKM 18 (90%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPS bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Ngemplak kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kelompok bongkar pasang, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 06:56
Last Modified: 29 Mar 2012 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17583

Actions (login required)

View Item View Item