Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 2 Delanggu, Delanggu, Klaten Tahun 2011/2012

Wibowo, Tri Wahyu (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 2 Delanggu, Delanggu, Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lesson. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 2 Delanggu, Delanggu, Klaten sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pada tindakan pra siklus dari 38 siswa yang hadir terdapat 22 siswa (57,9%) yang mendapat nilai ≥ 59 sebagai KKM, pada siklus I dari 36 siswa yang hadir terdapat 24 siswa (66,7%) yang mendapatkan nilai ≥ 59 sebagai KKM, sedangkan pada siklus II dari 37 siswa yang hadir terdapat 29 siswa (78,3%) yang mendapatkan nilai ≥ 59 sebagai KKM. Secara keseluruhan, dari siklus I sampai siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa sejumlah 17,89%. Untuk nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 55,28, sedangkan pada siklus II adalah 72,16, jadi pada siklus I sampai dengan siklus II ada peningkatan nilai rata-rata sejumlah 16,88. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Peer Lesson dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Delanggu, Delanggu, Klaten tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peer lesson, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 06:44
Last Modified: 29 Mar 2012 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17582

Actions (login required)

View Item View Item