Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Aktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 3 Purwantoro Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Purwoko, Arif (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Aktif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 3 Purwantoro Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode pembelajaran Debat Aktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Purwantoro yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara, dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh:1) Keterampilan berbicara siswa pra siklus sebesar 25%, setelah siklus I menjadi 55%, dan setelah siklus II meningkat menjadi 85%. 2) Nilai keterampilan siswa meningkat, pra siklus yang mencapai KKM sebesar 7 siswa (25%) dengan rata-rata kelas 53.70, setelah siklus I menjadi 15 siswa (55%) dengan rata-rata kelas 66.48, dan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa (85%) dengan rata-rata kelas menadi 74,63. Kesimpulan penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran Debat Aktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Debat Aktif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 06:25
Last Modified: 29 Mar 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item