Tindak Tutur Direktif Meminta Di Kalangan Anak Tk Dalam Proses Belajar-Mengajar Di Tk Aisyiah I Gumpang Kartasura

WAHYONO , RUDY (2012) Tindak Tutur Direktif Meminta Di Kalangan Anak Tk Dalam Proses Belajar-Mengajar Di Tk Aisyiah I Gumpang Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah (1) Mendiskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar, (2) Mengetahui strategi tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar. Objek penelitian ini adalah tindak tutur direktif meminta anak TK dalam proses belajar-mengajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan anak TK Aisyiah I Gumpang Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode padan dan metode baca markah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk-bentuk realisasi tindak tutur direktif (directives) meminta pada proses belajar-mengajar anak TK Aisyiah I Gumpang Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terdiri 2 jenis yaitu tindak tutur direktif meminta utama dan tindak tutur direktif meminta bawahan. Tindak tutur direktif meminta utama direalisasikan dalam 5 modus: a) Modus Meminta, Modus Merayu, c) Modus Mengajak, d) Modus Mengusulkan, e) Modus Membujuk. Tindak tutur direktif meminta bawahan direalisasikan dalam 2 modus: Modus Menyuruh, b) Modus Menawarkan. (2) Strategi tindak tutur direktif pada proses belajar-mengajar anak TK Aisyiah I Gumpang menggunakan strategi tindak tutur langsung dan tak langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pragmatik, tindak tutur direktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 28 Mar 2012 10:28
Last Modified: 28 Mar 2012 11:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item