Implementasi Strategi Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Ariyati, Sri (2012) Implementasi Strategi Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran melalui strategi pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi, catatan lapangan, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu ada peningkatan kemampuan penalaran siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan penalaran meliputi: (1) kemampuan siswa mengajukan ide dan dugaan sebelum tindakan 17,5 %, putaran I 27,5 %, putaran II 52,5 %, dan di akhir 72,5 %. (2) kemampuan menentukan rumus secara tepat dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 32,5 %, putaran I 52,5 %, putaran II 65 % dan di akhir tindakan 80 %, (3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan 22,5 %, putaran I 35 %, putaran II 60 % dan di akhir tindakan 77,5 %, (4) kemampuan menarik kesimpulan sebelum tindakan 20 %, putaran I 35 %, putaran II 55 % dan di akhir tindakan 75 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran, problem posing.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 06:34
Last Modified: 28 Mar 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item