Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Lingkaran Melalui Strategi Pembelajaran Course Review Horay (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 / 2012)

Latif, Akhmad Subchi (2012) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Lingkaran Melalui Strategi Pembelajaran Course Review Horay (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 / 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Course Review horay, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Course Review horay. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu, Karanganyar, yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data, metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mau menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 5,71%, putaran I 20%, putaran II 44,12% dan di akhir tindakan 66,67%, b) mau bertanya kepada guru sebelum tindakan 2,86%, putaran I 14,29%, putaran II 35,29% dan di akhir tindakan 57,58%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 5,71%, putaran I 17,14%, putaran II 47,06% dan di akhir tindakan 81,82% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai KKM yaitu 62 sebelum tindakan 5,71 %, putaran I 28,57%, putaran II 73,53% dan di akhir tindakan 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa (1) penerapan strategi Course Review horay dapat meningkatkan minat belajar siswa dan (2) penerapan strategi Course Review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, hasil belajar, course review horay.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 06:21
Last Modified: 28 Mar 2012 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item