Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya ( PTK di SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 )

Hisan, Mahmud (2012) Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya ( PTK di SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2011/ 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Haldep.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Baki yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran tutor sebaya. Hal ini dapat dilihat dari 1) Aktif memperhatikan penjelasan teman sebaya sebelum diadakan tindakan sebesar 32,43% dan setelah tindakan meningkat menjadi 72,97%, 2) Menjawab pertanyaan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 5,4% dan setelah tindakan meningkat menjadi 62,16%, 3) Bertanya jika ada kesulitan dalam memehami penjelasan dari teman sebaya sebelum diadakan tindakan sebesar 0% dan setelah tindakan meningkat menjadi 27,03%, 4) Mengerjakan latihan soal sebelum tindakan sebesar 8,1% dan setelah tindakan meningkat menjadi 29,73%, 5) Mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan sebesar 8,1% dan setelah tindakan meningkat menjadi 40,54%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 24,32% dan setelah tindakan meningkat menjadi 67,57%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran melalui pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keaktifan, pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Mar 2012 04:45
Last Modified: 28 Mar 2012 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item