Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD N 01 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012

Artiningtyas, Yunita (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Teknik Cerita Berantai dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD N 01 Ngemplak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan teknik cerita berantai pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan katerampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat dilihat dari peningkatan indikatorindikator yang mencakup: 1) Siswa yang berani dalam mengucapkan cerita/pengumuman yang didengar sebelum adanya penelitian sebesar 36,4%, pada siklus I 50% dan di akhir tindakan 81,8%. 2) Kelancaran siswa dalam mengucapkan cerita/pengumuman yang didengar sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 40,9% dan di akhir tindakan 77,3%. 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum adanya penelitian sebesar 27,3%, pada siklus I 50% dan di akhir tindakan 86,4%. 4) Keruntutan kata yang diucapkan sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 36,4% dan di akhir tindakan 68,2%. 5) Ketepatan kata yang diucapkan sebelum adanya penelitian sebesar 22,7%, pada siklus I 40,9% dan di akhir tindakan 72,7%, 6) Hasil belajar siswa sebelum adanya penelitian sebesar 40,9%, pada siklus I 63,6% dan di akhir tindakan 77,3% sesuai pencapaian batas ketuntasan yaitu ≥ 70. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui teknik cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan berbicara, teknik cerita berantai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 10:34
Last Modified: 27 Mar 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17541

Actions (login required)

View Item View Item