Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I di SD Negeri 02 Kedung Jeruk Mojogedang Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011

Susilowati, Endang (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I di SD Negeri 02 Kedung Jeruk Mojogedang Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan memahami secara menyeluruh dan mendalam tentang proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 02 Kedung Jeruk. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas I di SD Negeri 02 Kedung Jeruk Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model siklus yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran siklus I dari 20 siswa masih ada diperoleh 13 siswa telah tuntas atau 7 siswa= 35 % belum tuntas, pembelajaran siklus II mengalami peningkatan penguasaan keterampilan membaca siswa yakni dari 20 siswa sebanyak 16 siswa tuntas atau 4 siswa = 20 % yang belum tuntas. Sedangkan pada pembelajaran siklus III melalui treatment penggunaan media kartu huruf dan metode pemberian tugas secara kelompok sebanyak 20 siswa dapat mencapai ketuntasan, berdasarkan KKM yang telah ditentukan yakni 6,00. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa” Media Kartu Huruf dapat Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 02 Kedung Jeruk kecamatan Mojogedang kabupaten Karangayar” dapat terjawab atau dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, media kartu huruf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 10:08
Last Modified: 27 Mar 2012 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item View Item