Penerapan Strategi Peta Konsep dikolaborasikan Dengan Strategi Team Quis Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

Eralita, Anis Erania (2012) Penerapan Strategi Peta Konsep dikolaborasikan Dengan Strategi Team Quis Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono tahun 2012 melalui penggunaan strategi Peta Konsep dikolaborasikan Team Quis. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan penugasan. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan belajar. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Peta Konsep dikolaborasikan Team Quis. “Di duga dengan menggunakan strategi Peta Konsep dikiolaborasikan strategi Team Quis Mampu Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono Tahun pelajaran 2011/2012”. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75% dari 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keaktifan belajar dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono dari yang aktif bertanya, berani berperan, dan berani mengemukakan pendapat yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi Peta Konsep dikolaborasikan Team Quis siswa yang aktif sebanyak 8 siswa (24,24%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati penggunaan strategi Peta Konsep, siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%) dan siklus II meningkat menjadi 27 siswa (81,81%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka kesimpulannya adalah “Penggunaan Strategi Peta Konsep Dikolaborasikan Team Quis mampu Meningkatkan Keaktifan belajar dalam proses pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-14
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Peta Konsep, Team Quis, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Mar 2012 08:18
Last Modified: 18 Jun 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item View Item