Penggunaan Media Papan Berpaku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012”.

Tumiyati, Tumiyati (2012) Penggunaan Media Papan Berpaku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi Bangun Datar melalui penggunaan media papan berpaku pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatiwarno kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika materi Bangun Datar. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar matematika materi Bangun Datar melalui penggunaan media papan berpaku siswa IV SD Negeri 03 Jatiwarno, terbukti dapat meningkat dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 66,6% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 88,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: papan berpaku, hasil belajar siswa, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 08:08
Last Modified: 27 Mar 2012 08:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item