Penggunaan Media Gambar Tokoh Idola Pilihan Siswa Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Siswa SD Negeri 03 Bangsri Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012

Kastono, Kastono (2012) Penggunaan Media Gambar Tokoh Idola Pilihan Siswa Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Siswa SD Negeri 03 Bangsri Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (202kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh idola pilihan siswa pada siswa kelas 5 SD Negeri 03 Bangsri tahun pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri 03 Bangsri. Sedangkan obyeknya adalah ketrampilan siswa dalam menulis puisi.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian bahwa ada peningkatan ketrampilan menulis puisi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media gambar tokoh idola pilihan siswa.dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Sedangkan uji validitas data adalah trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan pada Siklus I menunjukkan peningkatan ketrampilan menulis puisi dengan nilai rata-rata 66,5 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 62,5 % (15 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan ketrampilan menulis puisi dengan nilai rata-rata 73,75 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (65) sebanyak 83,3% (20 siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan menulis puisi, media gambar tokoh idola pilihan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 05:48
Last Modified: 27 Mar 2012 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17528

Actions (login required)

View Item View Item