Kontribusi Guru Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Ramah Anak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Ajaran 2011/ 2012

Setyasih, Ana Sri (2012) Kontribusi Guru Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Ramah Anak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi guru dalam membentuk karakter melalui pendidikan ramah anak pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sribit Delanggu tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 31. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Strategi yang dipakai studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Proses penelitian tahap-tahapnya, yaitu: 1. Tahap Pra-lapangan, 2. Tahap Kegiatan Lapangan, dan 3. Tahap Pasca-lapangan. Hasil penelitian menunjukkan metode yang digunakan oleh guru SDN 2 Sribit dalam membentuk karakter siswa adalah: ucapan tutur kata, pembiasaan, contoh teladan, dan pendekatan. Langkah-langkah yang dilakukan: Sosialisasi kelas, Perencanaan dan Pelaksanaan Pengembangan karakter, Pengkondisian, Penilaian Keberhasilan. Hasil pengamatan pembentukan karakter siswa dapat dilihat melalui: Siswa kelas IV mematuhi peraturan sekolah, Melalui mata pelajaran, Melalui muatan lokal, Melalui pengembangan diri, Pihak sekolah menetapkan nilai-nilai karakter yang diprioritaskan dikembangkan pada tahun 2011/2012, Input (pendidik dan tenaga kependidikan, RKS, KTSP, peserta didik, sarana dan prasarana), dimana Tenaga pendidik dan kependidikan sudah mendapatkan sosialisasi tentang pendidikan karakter dari pihak kepala sekolah dan tim KKG. Kepala sekolah dan guru secara bergiliran melaksanakan jadwal piket, Sekolah telah memiliki RKS yang memuat sejumlah kegiatan yang terkait dengan integrasi nilai-nilai karakter. Nilai-nilai karakter terintegrasi pada visi, Misi, Tujuan sekolah, muatan lokal dan pengembangan diri. Sudah tersusun silabus untuk sebagian SK/KD. Di dalam kelas, guru memperkenalan nilai-nilai karakter selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-39
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Guru, Pembentukan Karakter, Pendidikan Ramah Anak.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 05:39
Last Modified: 25 Jun 2012 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item