Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science Pada Siswa Kelas V SDN 02 Waru, Kecamatan Kebakramat Tahun 2011/2012

Partinah, Partinah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science Pada Siswa Kelas V SDN 02 Waru, Kecamatan Kebakramat Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Children Learning In Science. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Children Learning In Science. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Waru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model Children Learning In Science. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 63.33 pada siklus II 73.33 pada siklus III 85. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA, (2) Penggunaan model Children Learning In Science dapat meningkatkan penguasaan materi tentang gaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Children Learning In Science, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2012 05:07
Last Modified: 27 Mar 2012 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17525

Actions (login required)

View Item View Item