Mengatasi kenakalan siswa kelas iv melalui layanan konseling perorangan di SD Negeri 2 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2011 /2012

FIBRIA SARI, ANNA (2012) Mengatasi kenakalan siswa kelas iv melalui layanan konseling perorangan di SD Negeri 2 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2011 /2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda. Perbedaan karakteristik tersebut mencakup perbedaan dalam hal pola perilaku siswa. Kenakalan siswa sebagai guru diperlukan suatu cara untuk mengatasi kenakalan siswa tersebut, salah satunya yaitu dengan layanan konseling perorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara memahami kenakalan siswa kelas IV melalui layanan konseling perorangan di SD Negeri 2 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Dimulai bulan September 2011 sampai dengan bulan Februari 2012. Subyek dari penelitian ini adalah siswa dan didukung oleh informan penelitian. Untuk pengumpulan data digunakan teknik observasi, dokumen, dan wawancara. Dan untuk menguji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dengan sumber. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa beberapa anak yang dianggap nakal di kelas IV yaitu ada anak yang suka membolos, anak yang suka berkata kotor, anak yang bandel atau tidak suka diam dan anak yang suka membangkang. Dapat diketahui bahwa guru di SD Negeri 02 Glintang Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali dalam mengatasi kenakalan siswa di kelas IV ini yaitu: memberikan peringatan, memberikan hukuman, pendekatan kasih sayang, penanaman akhlak atau agama. Selain itu guru juga mengatasi kenakalan siswa di kelas IV ini dengan mengguanakan layanan konseling perorangan yang dapat diartikan sebagai layanan yang diberika kepada siswa secara pribadi (face to face) dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi siswa sehingga diharapkan berdampak pada perubahan perilakunya dalam sehari-hari. Kata kunci: kenakalan siswa, layanan konseling perorangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kenakalan siswa, layanan konseling perorangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 26 Mar 2012 10:34
Last Modified: 26 Mar 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

View Item View Item