Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Think Paire Share bagi Siswa Kelas IV Smester 2 SD Negeri 02 Dalangan Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Hidayati, Rini Nur (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Think Paire Share bagi Siswa Kelas IV Smester 2 SD Negeri 02 Dalangan Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
BAGIAN_AWAL_SKRIPSI.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_sekripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode think pairs share. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SD Negeri 2 Dalangan Sukoharjo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas IV. Sebagai objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar matematika dengan metode Think Paire Share. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber, yaitu mencocokkan data prestasi belajar siswa dengan hasil pengamatan langsung terhadap aktivitas belajar siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode Think Pairs Share. Hal ini dapat dilihat pada pra siklus rata-rata kelas 58,33 siswa yang mencapai KKM 4 siswa (33,33%); pada siklus I meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 64,58 siswa yang mencapai KKM 7 siswa (58,33%); pada siklus II meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 68,75, siswa yang mencapai KKM 9 siswa (75,00%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Think Pairs Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Dalangan Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, metode think pairs share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 09:23
Last Modified: 26 Mar 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item