Peningkatan Hasil Belajar Metematika dengan Menggunakan Alat Peraga Manik-Manik Ajaib pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Werdi Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012

Arfiyanto, Purwana (2012) Peningkatan Hasil Belajar Metematika dengan Menggunakan Alat Peraga Manik-Manik Ajaib pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Werdi Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan alat peraga manik-manik ajaib pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Werdi Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan alat peraga manik-manik ajaib yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Werdi yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥63) hanya 48,28%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 68,97%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96,55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga manik-manik ajaib dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Werdi Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2011/201

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, alat peraga manik-manik ajaib
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 26 Mar 2012 08:40
Last Modified: 26 Mar 2012 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item