Peningkatan hasil Belajar PKn dengan Metode Card Short Pada Kelas IV SD Negeri 01 Sembung Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Ardiyanto, Ardiyanto (2012) Peningkatan hasil Belajar PKn dengan Metode Card Short Pada Kelas IV SD Negeri 01 Sembung Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran PKn kelas IV di SD Negeri 01 Sembung serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Negeri 01 Sembung, yang berjumlah 28 siswa, yaitu siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 14 siswa sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar. Metode Pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (46,42%), siklus I sebanyak 19 siswa (67,86%), siklus II sebanyak 23 siswa (82,14%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran Card Sort dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Sembung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode Card Sort
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2012 07:03
Last Modified: 26 Mar 2012 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17502

Actions (login required)

View Item View Item