Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2011 / 2012

Wulandari, Septika (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Strategi Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru kelas dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Ngemplak yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data digunakan melalui metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah ada peningkatan hasil belajar PKn yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator hasil belajar PKn meliputi: 1) keaktifan siswa mengerjakan soal sebelum tindakan 45,5 %, siklus I 95,5 %, dan siklus II 100 %, 2) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 9,1 %, siklus I 22,7 %, dan siklus II 59,1%, 3) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 0 %, siklus I 22,7 %, dan siklus II 31,8 %, 4) daya serap hasil belajar sebelum tindakan 13,6 %, siklus I 59,1 %, dan siklus II 86,4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui strategi pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri 01 Ngemplak tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi pembelajaran Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Mar 2012 06:36
Last Modified: 24 Mar 2012 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item