Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban kolaborai Question Student Have sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011

SUKINI, SUKINI (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban kolaborai Question Student Have sebagai upaya Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Bermain Jawaban kolaborasi Question Student Have. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain menggunakan strategi pembelajaran diskusi, jigsaw, dan ceramah bervariasi. Hasilnya, penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Bermain Jawaban kolaborasi Question Student Have. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melalui dua siklus, dengan prosedur penelitian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja pada penelitian ini adalah diharapkan dengan strategi pembelajaran Bermain Jawaban kolaborasi Question Studen Have dapat meningkatkan keaktifan siswa minimal 75% dari 29 siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah pada siswa kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011 yaitu sesuai dengan indikator yang telah ditentukan sebelum diadakan penelitian ini adalah 8 orang siswa (27,58%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Bermain Jawaban kolaborasi Question Student Have, siklus I meningkat menjadi 14 orang siswa (48,27%) dan siklus II meningkat menjadi 22 orang siswa (75%). Berdasarkan data hasil penelitian ini, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Bermain Jawaban kolaborasi Question Studen Have mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn materi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah pada Kelas IX F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Jawaban, Question Student Have dan Keaktifan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Mar 2012 11:25
Last Modified: 11 Oct 2018 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item