Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

NORANI, NOVIA GITA (2012) Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung pada umumnya guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Implementasi metode pembelajaran Team Quiz Bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dokumentasi dan angket. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam 2x pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat motivasi sebesar 23.33% dan hasil belajar ekonomi siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 36.67% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 58.77. Pelaksanaan tindakan pada siklus I tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 48.66% dan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 40% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59.2. Pelaksanaan tindakan pada siklus II tingkat rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi 70.22% dan hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 70% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 73.8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi metode pembelajaran Team Quiz bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dapat dibuktikan kebenarannya. .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Team Quiz Bervariasi, motivasi, dan hasil belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:34
Last Modified: 22 Mar 2012 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item