Penerapan Metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD N Kalimati II Boyolali Tahun 2011/2012

Afifah, Dina (2012) Penerapan Metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD N Kalimati II Boyolali Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (366kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab,III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab,IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang kelas V SD N Kalimati II tahun 2011/2012. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan 2 siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N Kalimati II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V melalui metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs). Pada Pra siklus siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 14 siswa atau 43,75 % dari jumlah seluruh siswa kelas V, terjadi peningkatan sebanyak 7 siswa atau 21,87 % pada siklus I menjadi 21 anak atau 65,62 % dari jumlah seluruh siswa kelas V yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 84, 37 % dari jumlah seluruh siswa kelas V, dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 18,75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD N Kalimati II tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Conceptual Understanding Prosedures (CUPs), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:27
Last Modified: 22 Mar 2012 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17474

Actions (login required)

View Item View Item