Peningkatan Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Course Review Horay Dengan Modul Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negri 03 Kemiri Kecamatan Kebekkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Kurniawati, Rosalia (2012) Peningkatan Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Course Review Horay Dengan Modul Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negri 03 Kemiri Kecamatan Kebekkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiaran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan metode Course Review Horay dengan modul pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode Course Review Horay dengan modul yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Kemiri yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran dan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Sebelum diberikan tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (≥67) hanya 42,5%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 77,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Course Review Horay dengan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A510/2012-13
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode course review horay, modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:17
Last Modified: 25 Jun 2012 10:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17471

Actions (login required)

View Item View Item