Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kepuasan Belajar Dengan Self Esteem dan Self Efficacy Pada Siswa KELAS XI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN 2011/2012

PUSPITASARI, HENI (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kepuasan Belajar Dengan Self Esteem dan Self Efficacy Pada Siswa KELAS XI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Kepuasan belajar dengan self esteem terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Kepuasan belajar dengan self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Kepuasan belajar dengan self esteem dan self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 77 siswa. Sampel diambil sebanyak 77 siswa dengan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang signifikan kepuasan belajar dengan self esteem terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,451 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan kepuasan belajar dengan self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,725 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan kepuasan belajar dengan self esteem dan self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 24,563 > 3,120 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kepuasan belajar dengan self esteem memberikan sumbangan relatif sebesar 56,7% dan sumbangan efektif 22,6%. Variabel kepuasan belajar dengan self efficacy memberikan sumbangan relatif sebesar 43,3% dan sumbangan efektif 17,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel kepuasan belajar dengan self esteem memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kepuasan belajar dengan self efficacy.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A210/2012-21
Uncontrolled Keywords: kepuasan belajar dengan self esteem, self efficacy dan prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Mar 2012 10:06
Last Modified: 18 Jun 2012 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

View Item View Item