Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN Cepokosawit II Tahun pelajaran 2011/2012

Setyawan, Danang (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN Cepokosawit II Tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual berbasis inkuiri pada siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbasis inkuiri. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Dari analisis hasil evaluasi yang dilakukan peneliti pada proses pembelajaran menulis puisi, menunjukkan bahwa pada siklus I dari 16 siswa yang hadir terdapat 56.25% yang mendapat nilai ≥ 70, sebagai KKM. Pada siklus II dari 16 siswa yang hadir terdapat 87.5% yang mendapat nilai ≥ 70, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 31.25% dari siklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kontekstual berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Cepokosawit II Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual berbasis inkuiri, kemampuan menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Mar 2012 10:30
Last Modified: 20 Mar 2012 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item