Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Alternatif Qaryah Tayyibah Sebuah Pendekatan Pembelajaran Dengan Konsep Contextual Learning

SALAMAH , UMI (2012) Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Alternatif Qaryah Tayyibah Sebuah Pendekatan Pembelajaran Dengan Konsep Contextual Learning. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (haldepan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (bab1)
03._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (bab2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (bab3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (bab4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (bab5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (daftarpustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran inovatif contextual learning adalah pembelajaran yang berlandaskan teori pembelajaran konstruktivistis (contructivist theories of learning). Teori yang menyatakan bahwa peserta didik sebagai pusat pembelajaran atau student centered. Peserta didik sendirilah yang memilih pengetahuan dengan memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, mengembangkan ide-ide serta pembelajaran yang didekatkan dengan konteks belajar baik sosial, agama, budaya, ekonomidan sebagainya. Sekolah Qaryah Tayyibah adalah sekolah alternatif yang seluruh aktivitas belajarnya direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi sendiri oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran inovatif contextual learning di sekolah Qaryah Thayyibah, kendala yang dihadapi serta solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu kepala sekolah, tutor belajar, pendamping belajar, peserta didik, SPPQT (Sarikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah) dan komunitas belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, interview, dandokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif komparatif yang mengkomparasikanteoridenganhasiltemuandilapangan. Output dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran inovatif dengan pendekatan contextual learning di sekolah QT memiliki konsep tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik berupa belajar dalam kelas dan forum-forum belajar (terdapat sepuluh forum belajar), belajar didampingi totor dan pendamping belajar, belajar dari lingkungan sekitar, upacarapembelajaran setiap hari Senin untuk merancang pembelajaran, Jumat sehat, evaluasi pembelajaran tiap hari Sabtu, mahkamah ide, apresiasi dan pelaksanaan gelarkarya sebagai kristalisasi semangat belajar para peserta didik.evaluasi yang dilaksanakan berupa self evaluation, peer evaluation, perform evaluation dan etiquette evaluation. Kendala pembelajaran yang ditemukan yaitu penyesuaian awal peserta didik dengan konsep pembelajaran, komitmen belajar peserta didik dengan peraturan yang mereka buat sendiri, peran pendamping belajar yang seperti guru, kurangnya modelling dan tutor belajar, kurangnya konstruksi baru dalam belajar. solusinya yaitu dibentuk kelas progresif untuk penyesuaian belajar bersama pendamping eksekutif, memperbaharui komitmen belajar bersaman setiap hari, tambahan modelling dan tutor baru yang lebih variatitif, pendamping belajar juga merupakan peserta didik yang sama-sama belajar, mengadakan jejaring dengan NGO luar dan dalam negri, melakukan study banding belajar ke aceh, padang dan sebagainya untuk konstruksi belajar yang baru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-06
Uncontrolled Keywords: Contextual Learning, Student Centered dan Self Evaluation
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 20 Mar 2012 10:05
Last Modified: 04 Jul 2012 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item