Manajemen Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Profesionalsme Guru(Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II)

Masykuroh, Thoyyibatul (2011) Manajemen Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Profesionalsme Guru(Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Guru adalah komponen sumber daya manusia yang utama dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa tidak terlepas dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Manajemen supervisi pendidikan dilakukan kepala sekolah untuk membentuk karakter dan kualitas guru menjadi tenaga pendidik yang profesional. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru merupakan faktor penentu keberhasilan sekolah menghasilkan output siswa yang berkualitas. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana manajemen supervisi pendidikan, faktor pendorong dan penghambat supervisi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II? Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen supervisi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru dan permasalahan yang muncul serta usaha untuk mengatasi permasalahan di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam usaha meningkatkan profesionalisme guru dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen supervisi pendidikan untuk meningkatkan profesionalisme guru dapat diketahui melalui usaha kepala sekolah dalam melaksanakan peranannya yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator (EMASLIM) ternyata telah dan terus dilakukan kepala sekolah secara optimal. Ciri-ciri guru yang profesional di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II ada empat yaitu: disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar yaitu tertib dalam hal administrasi dan manajemen waktu; mengajar sesuai dengan keahliannya; menegakkan kode etik keguruan dan menguasai bahan ajar dengan baik. Sedangkan faktor pendorong pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II ada tiga yaitu: diadakan pelatihan rutin untuk menunjang kualitas mengajar; tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap; dan pembinaan rutin tentang supervisi pendidikan. Kemudian, faktor penghambat pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta II ada tiga yaitu: pembagian waktu dalam kegiatan belajar mengajar yang tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran; pengelolaan kelas; dan penggunaan alat peraga/media pembelajaran belum maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Supervisi Pendidikan, Profesionalisme
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Mar 2012 09:15
Last Modified: 20 Mar 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item